1. finding the keywords (keyword research)
Hal yang terpenting dalam SEO adalah Keyword
apa penting nya keywords? No keywords, means no SEO.
keywords bisa terdiri dari 1,2,3,4 atau 5 kata--semakin panjang traffic nya biasanya semakin sedikit, akan tetapi hasil nya juga semakin spesipik atau targeted viewer.
kombinasi yang biasa di pake untuk keyword adalah 2 atau 3 keyword sebagai keyword utama, trus di ikuti dengan long tail keywords 4 atau 5 kata.
pertama2 review jenis bisnis anda, trus pikir kan apa kira2 kata kunci yang akan anda ketik jika anda sebagai costumer untuk menemukan produk/service yang anda tawarkan..
setelah itu anda tanya2 teman,keluarga,orang yang anda cintai,rekan kerja anda, tetangga anda apa kira2 yang bakalan mereka ketik di kotak search untuk mencari produk/service yang anda tawar kan td..jgn malu bertanya ke pada orang lain..karena malu bertanya sesat di search engine heeee since mereka ini adalah contoh real apa yg bakalan ada di pikiran para pengguna SE buat nyari produk/servis yg anda jual..
buat list di ms excel untuk semua keywords yang anda dapat dari hasil pemikiran anda dan dari pendapat orang lain.
setelah anda melakukan secara manual, tiba saat nya melakukan dengan bantuan tools di internet ato di pc anda..ada banyak tools yang bisa anda gunain seperti Wordtracker, Google's Keyword Tool, Keyword Discovery etc etc, dari yang gratis sampai yang bayar..(hehe gw sih pecinta semua yg gruatissss)
*Detektive intai heee in (Spy-hehehe AKA intip kompetitor)
contoh nya anda jualan tas online, trus anda ke google and ketik tas online..website di urutan pertama (lebih spesipik nya website yang JUGA jualan sepatu online di urutan paling atas) anda copy url nya trus bisa buka hxxps://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal and selanjut nya pilih opsi generate keyword ideas "using the website's content", dan masukkan url (alamat website) kompetitor yang td anda pilih.seteah itu anda klik "get keywords ideas", akan keluar keywords yang di pakai oleh kompetitor anda..save hasil keyword nya di excel, trus ulangi lagi untuk kompetitor yang lain nya (yang nomer 2,3 atau 4 di SERPs untuk kata kunci sepatu online td)
Ada baik nya anda juga memperhatikan misspelled keyword--well untuk yang ini kadang search volume nya malah lebih gede dari yang gak salah ketik hihih..ini bisa di bahas dalam sesi advance nanti nya..ok kita lanjut gan..
ps: tools yang saya sebut kan diatas adalah hanya contoh dari banyak tools/software yang bisa anda gunakan dalam me riset keyword yang akan anda pakai, jadi be creative and digg some more brother. baik manual atau dengan tools..tujuan nya sama..untuk mendapat kan keyword yang akan anda pakai nanti nya.. (pls note td semua keyword yg udah di harvest anda save di dalam excel--usahain ngumpulin 50-100 keywords dulu-filter juga sesuai relevansi dengan produk/servis yang anda jual),
Ok setelah anda dapat list nya di excel, kini kita persempit/ buang keywords yang ga bagus ..let's talk about KEI.
KEI (Keyword Efficiency Index)
ok..sekarang apanih KEI..hmm simple explanation nya adalah tingkat efisiensi suatu keywords..semakin tinggi semakin baik..KEI adalah suatu formula/hitungan matematika.rumus KEI = Search Volume(kuadrat) / # of competitors (sesuai file attach di paling bawah)
untuk lebih jelas apa yg d maksud dengan Search engine volume dan number of competitors mari kita tilik lebih dalam.
SV(search volume)=adalah perkiraan jumlah search kata kunci tersebut dalam 1 bulan, jadi anda contoh nya hendak mencari SV dari keyword "free money"..langkah pertama adalah pergi ke hxxp://freekeywords.wordtracker.com/ trus ketik in "free download" maka anda akan mendapat hasil kira2 adalah 20000 untuk "free download" keywords, nah jadi ada 20000 search tiap hari nya untuk keywords "free download" yang arti nya 20000X30=600000(kira2 hitungan perbulan), jadi angka 600000 ini lah angka SV buat keyword "free download"
# of competitors=jumlah web yang mengantung keyword yang hendak kita cari KEI nya..cara nya gampang..anda buka google, trus ketik "free money".setelah itu anda lihat di bagian "Urutan 1 - 10 dari sekitar 187,000,000 hasil telusur untuk free money. (0.24 detik)"..jadi angka 187.000.000 itu adalah # of competitors untuk keywords "free money"
nah jadi semua resep2 untuk menghitung KEI udah kita dapat..tinggal masukin ke formula nya yakni KEI=SV kuadrat di bagi jumlah competitors, hasil nya adalah 156.6
nah sekarang anda udah tau cara ngitung KEI, aplikasi kan ke semua daftar keyword yang td ada di file excel anda (yg ngerti make excel ini pasti lebih mudah dengan buat rumus nya di excel), ambil 4-7 KEI tertinggi sebagai keyword utama, ambil 20-30 berikut nya sebagai variasi atau cadangan..now u got ur self a list of keywords yang mau anda optimasi di website anda.fiuh
oke moga membantu...
MAs bro kalo kita punya blog gratisan itu bisa nggak dipake untuk bisnis paid review. Mohon saran juga gan Panduan Cara nentukan konten itu gmn caranya...
ReplyDelete